inspirasi Babysitter, Hobi Motret, Meninggal, Akhirnya Terkenal 13

Buku
125 Kisah Nyata tentang Binatang Luar Biasa
Science: Eksplorasi Bumi
40 Peristiwa Terjorok Dalam Sejarah
Fakta Menakjubkan Tentang Indonesia
Apresiasi seni kadang datang terlambat. Ketika sang tokoh sudah tak terlihat, barulah dunia mengakuinya hebat. Hal ini berlaku bagi Vivian Maier. Berbagai ahli fotografi kini menyadari Vivian sebagai fotografer street art kelas wahid.

Siapa Vivian? Tak seorang pun mengenalnya bila hasil jepretannya yang tersembunyi akhirnya ditemukan oleh John Maloof. Pada sebuah lelang di tahun 2007, Maloff yang saat itu menjadi agen properti di Chicago membeli sekotak film negatif karya Vivian pada sebuah lelang seharga US $ 400. Kebetulan Maloof terlibat dalam pembuatan buku sejarah Chicago dan berpikir mungkin ada beberapa foto Vivian yang bisa dipakai.

Sayang, hasil jepretan Vivian tak ada yang layak dimuat ke dalam buku tersebut. Maloof sempat menyesal dan berpikir akan menjualnya kembali di eBay. Hingga akhirnya pada suatu kesempatan ia mengamati foto-foto Vivian lebih teliti dan barulah tersadar, ini bukan foto biasa tetapi karya seniman foto street art hebat. Setelah diunggah ke blog, mata dunia pun ikut tercengang. Berbagai pameran hingga seminar membicarakan Vivian, mutiara yang tersembunyi.

Vivian Maier (1 Februari 1926 – 21 April 2009) di masa hidupnya hanyalah seorang babysitter, mengasuh anak-anak antara tahun 1950 dan 1960an. Menurut keluarga yang pernah mempekerjakannya, Vivian digambarkan sebagai wanita yang eksentrik. Berbicara dengan aksen Prancis dan selalu mengenakan mantel tebal walau di saat musim panas. Namun, anak-anak yang diasuhnya begitu menyayangi Vivian. Ia mengerti dunia anak-anak yang penuh khayalan, dan Vivian mengajak anak asuhnya menikmati semua itu.

Vivian Maier

Kehidupan pribadi Vivian selain sebagai pengasuh, tetap hidup sendiri. “Tak terdengar soal kisah cintanya, tak ada keluarga dan tak ada seorang pun yang begitu dekat dengan kehidupannya. Yang ia miliki hanya gairah begitu besar terhadap dunia fotografi,” kenang Maloof.

Vivian menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk menikmati perjalanan dan memotret. Kemungkinan ada sekitar 100 ribu film negatif yang disimpannya. Entah mengapa, semua itu tetap tersembunyi sampai ia menghembuskan napas terakhir di tahun 2009. Untunglah Maloof berhasil menemukan ‘mutiara’ ini, walau tak keseluruhan koleksi pribadi Vivian. Beberapa karya-karya fotografer wanita ini sekarang diakui sebagai hasil seni street art mumpuni, karena menonjolkan sisi-sisi manusiawi nan kental.

Vivian, seandainya kamu bisa melihat… kamu adalah seniman besar, seharusnya dunia melihatmu…

SUMBER :APAKABARDUNIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s